Mengenal Inbound dan Outbound Logistik

By. Alfian Andi A. - 21 Jul 2023

Bagikan:
img

papuamitra.comLogistik yang efisien sangat penting untuk kelancaran manajemen rantai pasokan. Operasi logistik sendiri dapat dibagi menjadi dua proses terpisah yakni logistik inbound (masuk) dan logistik outbound (keluar). Ketika kedua proses tersebut dioptimalkan dan dikoordinasikan secara sinkron, maka keduanya dapat meningkatkan kekuatan hubungan pengiriman bisnis, efektivitas biaya, dan profitabilitas di sepanjang rantai pasokan. Berikut penjelasan mengenai kedua hal tersebut:

Baca juga: Apa Itu Logistik? Pengertian, Tujuan dan Manfaat

A. Pengertian Inbound dan Outbound logistik

-Inbound Logistik adalah proses pemindahan barang mentah, jadi, setengah jadi dari manufaktur, atau channel distribusi lainnya menuju gudang, atau fulfillment center.

-Outbound Logistik sebaliknya adalah perpindahaan barang jadi ke end user, yang kadang berasal dari distributor atau fullfillment center.

B. Point penting dalam proses Inbound dan Outbound logistik

Inbound Logistik

1. Jenis barang yang disimpan untuk menentukan nilai dari investasi yang diperlukan untuk menyimpan barang, apakah barang itu barang berbahaya, membutuhkan perlakuan khusus, dan sebagainya

2. Sifat dari barang yang disimpan:  apakah barang itu barang setengah jadi, atau barang jadi yang memerlukan pengepakan khusus, sehingga pelaku usaha dapat mempersiapkan jenis gudang  yang diperlukan untuk penyimpanan

3. Lokasi tempat barang yang disimpan, setelah mengetahui jenis dan sifat barang pelaku usaha dapat menentukan lokasi gudang terbaik yang dapat dipilih untuk mengoptimalkan proses inbound logistik.

Baca juga:5 Komponen Manajemen Logistik

Outbound Logistik

1. Data barang tersimpan, dari jumlah, jenis, seri dan data data lain yang diperlukan untuk memudahkan pada saat ada order barang keluar

2. Order form, untuk memastikan barang yang terkirim jumlah dan jenisnya benar.

3. Proses pengiriman, apakah dibutuh repackaging, apakah ada treatment khusus untuk barang yang akan dikirim

Dengan mengetahui perbedaan antara Inbound dan Outbound logistik, diharapkan dalam pelasanaan manajemen logistik dapat memilih jenis gudang dan metode operasional apa yang paling cocok dalam bisnis.








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp