5 Komponen Manajemen Logistik

By. Alfian Andi A. - 21 Jul 2023

Bagikan:
img

papuamitra.comLogistik merupakan istilah untuk proses penyimpanan dan pengiriman barang. Secara umum, logistik adalah ilmu untuk melakukan serangkaian perencanaan untuk penyimpanan yang tepat untuk jenis barang, pelaksanaan dan pengawasan terhadap suatu proses perpindahan, dari tempat awal atau pengirim menuju tempat tujuan.

Logistik yang dilakukan di PT. Papua Utama Mitra (PUM) mencakup proses yang luas dan besar. Hal tersebut harus ditunjang dengan manajemen pengelolaan yang baik dan efisien. Manajemen logistik mencakup proses perencanaan, pelaksanaan, serta kontrol efektivitas penyimpanan dan informasi yang akurat.

Didalam pelaksanaannya manajemen logistik akan berjalan secara baik apabila komponennya berjalan secara maksimal. Berikut merupakan komponen manajemen logistik yang wajib diketahui:

Baca juga: Apa Itu Logistik? Pengertian, Tujuan dan Manfaat

Komponen Manajemen Logistik

1. Transportasi

Logistik dan transportasi adalah dua hal yang saling berkaitan. PT. PUM sendiri terkait transportasi dan pengiriman bermitra dengan PT. Panjasa Intradin yang mengurusi kargo untuk muat barang. Dengan transportasi yang baik meliputi kecepatan, pelayanan yang efektif, dan efisien, tentu manajemen logistik bisa berlangsung dengan optimal.

2. Komunikasi

Komunikasi adalah komponen yang penting dalam manajemen logistik. Pasalnya, tanpa komunikasi yang baik, tentu proses distribusi bisa kacau dan pengiriman maupun penerimaan barang tidak bisa berjalan efektif. Komunikasi yang baik ini tentu menciptakan sirkulasi informasi yang baik pula sehingga sistem logistik yang dijalankan bisa berjalan lancar.

3. Pengawasan

Kompleksnya proses logistik tentu membutuhkan pengawasan yang ketat pula. Pengawasan dilakukan oleh supervisor masing-masing divisi terhadap para karyawan dibawahnya. Pengawasan ini dilakukan setiap kegiatan operasional. Pengawasan yang baik ini meliputi kontrol pada setiap hal yang berkaitan dengan proses logistik. Dengan pengawasan yang baik, tentu semua aspek bisa berjalan sesuai dengan rencana yang telah dibuat, sehingga secara otomatis manajemen logistik bisa dijalankan dengan efektif dan efisien.

4. Persediaan

Pengadaan bahan atau material di gudang merupakan komponen yang penting didalam dunia logistik. PT. PUM sendiri untuk pengadaan barang hanya komoditas daging beef, sedangkan barang lain merupakan pesanan dari perusahaan lain dan PT. PUM hanya bertugas menangani pengemasan dan pengiriman. 

Baca juga: Mengelola Persediaan Gudang, Perhatikan Hal ini!

5. Penyimpanan

Penyimpanan merujuk pada bagaimana gudang bertanggung jawab menjadi ruang penyimpanan yang aman. Dengan gudang yang aman, produk bisa dijaga kualitasnya, sehingga produk nggak akan rusak dan cacat. PT. PUM memiliki 2 gudang penyimpanan, pertama adalah gudang kering untuk menyimpan barang jadi ataupun non pangan dan yang kedua adalah gudang basah yaitu cold storage untuk menyimpan bahan pangan seperti buah dan daging. Gudang wajib menjadi ruang penyimpanan yang menjaga produk sehingga logistik bisa berjalan dengan efisien dan efektif tentunya. 

Hal diatas merupakan penjelasan mengenai manajemen logistik yang wajib ketahui. Manajemen logistik yang baik tentu yang bisa menjaga kualitas serta memberi pengiriman yang optimal. Rantai logistik sendiri harus berjalan baik agar keberlangsungan barang yang dikirim sesuai dengan harapan.








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp