Alat Pelindung Diri: Pengaman dalam Kerja

By. Alfian Andi A. - 08 Aug 2023

Bagikan:
img

papuamitra.comAlat Pelindung Diri (APD) adalah kelengkapan alat yang wajib digunakan untuk melindungi diri dari resiko kecelakaan dan menjaga keselamatan pekerja. Pekerjaan yang ada di PT Papua Utama Mitra (PUM) merupakan pekerjaan logistik dibidang pengiriman barang dan supply daging. Aktivitas kerja tertunya berisiko tinggi mewajibkan petugas atau pekerja mengenakan alat pelindung diri.

PT PUM  memiliki peraturan dan kebijakan yang menyangkut kesehatan dan keamanan pekerja, peraturan ini wajib di taati oleh seluruh karyawan. Divisi HSE atau K3 bertanggungjawab akan prosedur keselamatan dalam bekerja.  

Tujuan penggunaan APD adalah untuk melindungi pekerja dari bahaya akibat kerja, terciptanya perasaan aman dan terlindung bagi pekerja sebagian mampu meningkatkan motivasi untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan dan  keselamatan kerja

Baca juga:Penerapan HSE Logistik dan Pergudangan

Resiko yang dapat timbul di area kerja seperti tertabrak kendaraan, benda jatuh, terperangkap dan remuk, jatuh dari ketinggian, tertipa benda hingga energi lepas yang tak terkendali. Resiko ini dapat menyebabkan luka hingga berujung fatal.

Jenis alat pelindung diri yang sering digunakan cukup banyak. APD yang digunakan di PT PUM disesuaikan dengan jenis pekerjaan. Berikut merupakan APD yang wajib di kenakan saat melakukan aktivitas kerja di PT PUM:

Helm Safety

Helm ini berfungsi untuk menjaga kepala dari kemungkinan terjadinya benturan, kejatuhan benda keras atau tajam, dan terpukul pada bagian kepala.

Rompi Menyala

Rompi ini memiliki bagian yang dapat menyala bila terkena cahaya seperti reflector. Fungsi dari rompi ini adalah agar pekerja dapat terlihat oleh pekerja/operator saat di area yang minim cahaya.

Sepatu Safety

Sepatu ini digunakan agar kaki dapat terlindungi dari tertimpa barang, terbentur benda berat, terkena benda tajam. Selain itu sepatu juga melindungi kaki dari material disekitar area lkerja dan menjaga kaki tidak tergelincir.

Masker

APD jenis ini berfungsi melindungi organ pernapasan dengan menyalurkan udara bersih atau menyaring zat atau benda berbahayaa serta dapat menghindari dari virus penyakit. Pekerjaan di outdoor seperti stuffing semen tentunya menimbulkan debu sehingga penggunaan masker sangat diwajibkan

Kaca mata

Kacamata yang digunakan adalah kacamata khusus untuk pekerjaan berat. Fungsi kacamata ini untuk melindungi mata dari partikel yang melayang, percikan benda kecil hingga menghalau debu.

Sarung tangan

APD ini digunakan untuk melindungi tangan saat melakukan aktivitas pekerjaan seperti goresan, tertusuk hingga menghindari karat dari kontainer.

Baca juga:HSE (Health, Safety, and Environment) Logistik Pergudangan

Itu dia jenis-jenis APD  umum yang ada di PT PUM dengan fungsi yang beragam. Keberadaan APD di lokasi kerja sangat penting dan harus selalu dipastikan ketersediaannya. Apabila APD rusak atau kadaluarsa harus segera dimusnahkan kemudian diganti dengan alat yang baru.








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp