Susu dan Manfaatnya Bagi Tubuh

By. Alfian Andi A. - 21 Jul 2023

Bagikan:
img

papuamitra.comSusu merupakan sumber protein yang berasal dari hewani dengan segudang nutrisi. Dalam susu segar mengandung berbagai zat makanan lengkap dan seimbang seperti protein, lemak, karbohidrat, mineral, dan vitamin. Susu juga menjadi sumber asam lemak esensial dan hormon. Susu adalah sumber kalsium dan fosfor yang sangat baik, yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Susu mengandung vitamin yang dapat larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E dan K serta vitamin yang larut dalam air yaitu vitamin B dan C. Beberapa vitamin memberikan warna pada susu. Riboflavin memberikan warna susu kuning sedikit kehijauan, sedangkan karoten akan memberikan warna lemak susu menjadi kekuning-kuningan. Banyaknya kandungan nutrisi susu membuatnya jadi minuman segudang manfaat. Berikut merupakan manfaat dari mengkonsumsi susu:

Baca juga: Manfaat Susu Kambing dibanding Susu Sapi

Manfaat susu:

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh. Manfaat pertama meminum susu adalah meningkatnya imunitas tubuh. Dengan meningkatnya imun tubuh maka kita  tidak mudah terserang penyakit.

 2. Memperkuat Tulang. Minum susu secara rutin dapat membuat tulang menjadi lebih padat dan kuat sehingga mengurangi kemungkinan tulang rapuh (osteoporosis) di masa mendatang.

3. Memelihara Kesehatan Jantung. Manfaat lain adalah terpeliharanya kesehatan jantung. Susu mengandung kalium yang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular (penyakit jantung dan pembuluh darah).

4. Mendukung Berat Badan Ideal. Minum susu juga bisa membantu mendapatkan berat badan yang ideal. Sebuah penelitian mengungkapkan, anak-anak yang minum susu secara rutin memiliki 38% resiko obesitas lebih rendah dibanding anak-anak yang tidak meminumnya.

5. Menjaga Kesehatan Gigi. Minum susu dapat menjaga kesehatan gigi. Kandungan protein, kalsium,dan fosfor yang ada dalam susu dapat melindungi email gigi sehingga mencegah timbulnya lubang pada gigi.

6. Meningkatkan Kinerja Otak. Susu mengandung protein hewani yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan intelektual. Kandungan Vitamin B12, asam lemak B6, dan B9 penting untuk kinerja saraf di otak sehingga bisa berfungsi secara maksimal.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur. Minum susu dapat meningkatkan kualitas tidur kalian karena susu mengandung zat yang dapat merangsang rasa kantuk sehingga bisa membuat tidur menjadi lebih pula

Baca juga:Mengenal Daging Putih

Itulah sejumlah manfaat yang bisa didapatkan dari minum susu secara rutin. Beragam manfaat tersebut akan sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh untuk mendukung beragam aktivitas sehari-hari.








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp