Manfaat Susu Kambing dibanding Susu Sapi

By. Alfian Andi A. - 18 Jul 2023

Bagikan:
img

papuamitra.com - Susu adalah cairan berwarna putih yang disekresi oleh kelenjar mammae (ambing) pada binatang mamalia betina yang diperoleh dengan cara pemerahan sebagai bahan makanan dan sumber gizi. Susu merupakan produk hewani yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Sekarang ini produk susu mulai berkembang macamnya seperti susu segar, susu full cream, susu UHT dll. Susu yang beredar dipasaran kebanyakan berasal dari susu kambing perah ataupun sapi perah. Masyarakat cenderung memilih susu sapi dibanding kambing dengan alasan susu kambing memiliki bau yang khas. Akan tetapi mereka kurang memperhatikan kualitas susu dari segi gizinya.

Susu kambing yang beredar diindonesia biasanya berasal dari kambing berjenis Ettawa atau Saanen. Kambing jenis ini merupakan kambing perah yang unggul dari segi produktivitasnya, per ekor kambing Ettawa mampu memproduksi susu sampai 3 liter perhari. Susu sapi sendiri merupakan produk yang lebih diminati dibanding susu kambing. Selain dari segi harga yang lebih terjangkau susu sapi lebih mudah didapatkan di toko maupun pasar terdekat. Berikut penjelasan singkat mengenai perbedaan susu kambing dan susu sapi:

Baca juga:Kenali Ciri Daging Sapi yang Baik dan Sehat

Kualitas fisik

Secara kasat mata kualitas fisik dari kedua susu ini hampir sama. Akan tetapi warna dari susu kambing ini sedikit lebih putih dibandingkan susu sapi. Susu sapi memiliki warna yang agak kekuningan. Hal ini disebabkan oleh perbedaan jumlah provitamin A susu sapi lebih tinggi. Dari segi rasa susu kambing memiliki rasa yang lebih berat dan aroma yang kuat dibanding susu sapi yang cenderung netral.

Kualitas kimia

Secara nutrisi, susu kambing sedikit lebih tinggi lemak dan kalori, tetapi juga mengandung lebih banyak vitamin, mineral, dan protein dibandingkan susu sapi, namun keduanya memiliki perbedaan signifikan dalam hal rasa. Meskipun jumlah lemak totalnya hampir sama, namun ukuran butiran lemak dalam susu kambing lebih kecil daripada susu sapi dan lebih mudah ditangani oleh sistem pencernaan. Susu kambing memiliki gula alami (alias laktosa) yang lebih rendah, sehingga lebih mudah dicerna bagi orang-orang dengan intoleransi laktosa. Dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing memiliki jumlah vitamin A, riboflavin, kalsium, potasium, dan niasin yang lebih tinggi. Hal ini juga membuat susu kambing lebih mudah dicerna karena butiran lemak kecil dan kandungan laktosa sedikit lebih rendah.

Baca juga:Kenapa Daging Sapi di Indonesia Alot?

Penjelasan diatas merupakan perbedaaan antara susu kambing dengan susu sapi. Kedua susu tersebut sama baiknya untuk kesehatan tergantung selera dari kita sebagai konsumen untuk memilih. Paling penting terkait pembahasan susu ini adalah menambah wawasan untuk kita bahwa mengonsumsi susu itu sangat penting bagi kesehatan.








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp