Hygiene dan Sanitasi

By. Alfian Andi A. - 20 Jul 2023

Bagikan:
img

papuamitra.com - Sanitasi dan hygiene merupakan 2 hal dalam satu kesatuan, karena keduanya adalah aspek yang saling terikat. Hygiene merupakan upaya kesehatan dengan cara memelihara dan melindungi kebersihan subyeknya. Sanitasi adalah upaya kesehatan dengan cara memelihara dan melindungi kebersihan lingkungan dari subyeknya.

Dari beberapa pengertian tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa Sanitasi adalah usaha kesehatan preventif yang menitikberatkan kegiatannya kepada usaha kesehatan lingkungan hidup manusia, sedangkan Hygiene adalah usaha kesehatan preventif yang menitikberatkan kegiatannya kepada usaha kesehatan individu, maupun usaha kesehatan pribadi hidup manusia. Jadi dalam hal ini sanitasi ditujukan kepada lingkungannya, sedangkan hygiene ditujukan kepada orangnya. Dalam bidang pangan hygiene dan sanitasi adalah upaya untuk menjaga kebersihan serta keamanan pangan dengan mencegah kemungkinan tumbuhnya mikroorganisme pembusuk dan patogen dalam makanan, minuman, peralatan dan bangunan yang dapat merusak pangan dan membahayakan manusia.

Baca juga:Pengendalian Hama Tikus di Gudang

Penerapan dan Manfaat  

Hal ini dapat dilakukan antara lain dengan mematuhi SOP yang berlaku, menjaga kebersihan diri, menjaga air minum bersih, upaya mencuci tangan sebagai kebiasaann sehat, menjaga lingkungan sumber air tetap bersih, menjaga toilet tetap bersih, menjaga makanan tetap aman dan menjaga lingkungan yang bersih

Berikut beberapa manfaat dari penerapan kedua hal tersebut adalah sebagai berikut.

1) Mencegah penyakit menular.

2) Mencegah kecelakaan kerja.

3) Mencegah timbulnya bau tidak sedap.

Baca juga:Jenis-jenis Tempat Pendingin untuk Daging

4) Menghindari pencemaran terhadap produk

5) Mengurangi jumlah (persentase penyakit).

6) Lingkungan menjadi bersih, sehat, dan nyaman

Penerapan dari sanitasi dan hygiene tidak hanya memberikan nuansa bersih dan sehat saja, melainkan mencegah kecelakaan kerja yang terjadi di ruang pengolahan, mengingat dapur adalah salah satu tempat yang berpotensi terjadinya kecelakaan kerja, seperti teriris/terpotong, terbakar, tersedak, terpeleset maupun terjatuh.








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp