Pengendalian Hama Tikus di Gudang

By. Alfian Andi A. - 20 Jul 2023

Bagikan:
img

papuamitra.comGudang merupakan tempat penyimpanan barang yang sangat rawan sekali ditempati serangga maupun hewan hecil seperti tikus. Tikus yang ditemukan dalam sebuah gudang industri merupakan pertanda yang mengancam tidak hanya untuk barang yang ada didalamnya, akan tetapi dapat pula mengancam industri itu. Hama tikus menyerang seketika dan dampaknya akan dirasakan lebih cepat. Tikus juga dapat menurunkan standar kualitas industri tersebut baik produksi maupun akreditasi bidang usaha tersebut.

Baca juga:Mengelola Persediaan Gudang, Perhatikan Hal ini!

Pengendalian hama terpadu adalah strategi pengendalian hama yang menggunakan berbagai cara baik fisik, kimiawi, dan biologi serta atas dasar pendekatan lingkungan (ekologi). Prinsip pengendalian hama secara terpadu sebenarnya adalah efisiensi dan lebih banyak kepada tindakan preventif. Faktor-faktor penting yang perlu diperhatikan di antaranya kebersihan di dalam dan di luar gudang penyimpanan, pengrusakan sarang tikus, dan proteksi bangunan. Selain itu, pengetahuan tentang daur hidup tikus dan kebiasaan perilakunya juga akan menjadi pengetahuan yang berguna. Berikut merupakan cara untuk mengatasi hama tikus yang ada didalam gudang:

TIPS MENGHINDARI HAMA TIKUS

- Perangkat/Glue Trap (lem yang ditaruh di wadah khusus) ditaruh ditepi bangunan dalam terutama sisi kanan kiri pintu masuk ruangan.

- Menggunakan perangkap hidup untuk diberikan sebagai umpan bisa dipasang di dalam atau di luar ruangan.

- Menggunakan racun tikus, namun harus ditempatkan di wadah yang aman dan diberi tanda peringatan bahaya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti dimakan oleh manusia. Berisi umpan beracun yang jika dimakan tikus akan menyebabkan tikus mati.

- Tirai atau jaring di setiap pintu masuk

- Menutup pintu setelah tidak dipakai aktivitas

- Menghindari adanya ceceran makanan di lantai pergudangan. Hal tersebut dapat mengundang tikus masuk ruangan.

- Barang-barang yang tidak terpakai dirapikan agar tidak menjadi sarang tikus

- Menutup akses berlubang.

- Ada peta lokasi pemasangan pest control dan hasil pelaporan rutin.

- Sistem sanitasi yang lancar

Baca juga:Seberapa Penting Sistem FIFO (First In First Out) dalam Pergudangan

Hal diatas merupakan cara yang dapat dicoba untuk pengendalian hama tikus. Lebih baiknya ada tim khusus terkait pengendaliam hama yang ada digudang. Selain untuk menjaga barang yang disimpan pengendalian juga menghindari sumber penyakit. Penyakit dan dapat ditularkan oleh tikus kemanusia juga bermacam, sehingga pengendalian hama seperti ini sangat penting untuk dilakukan.








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp