Fakta Warna Putih Pada Daging Ayam

By. Alfian Andi A. - 20 Jul 2023

Bagikan:
img

papuamitra.comDaging merupakan sumber protein hewani yang didapatkan dari hewan yang telah disembelih. Umumnya jenis daging ada 2 yaitu daging merah yang berasal dari ternak seperti sapi, kambing, domba dll dan daging putih berasal dari ikan dan unggas. Daging ayam merupakan daging yang didapatkan dari unggas ayam. Ayam yang familiar dibudidayakan adalah ayam potong jenis broiler. Ayam ini merupakan ayam dengan produktivitas daging cukup baik. Daging ayam sendiri merupakan komoditas pangan hewani yang banyak diminati masyarakat, selain harga yang terjangkau cara pengolahannya pun lebih mudah untuk aneka masakan. Akan tetapi apakah kalian tau kenapa daging ayam itu berwarna putih dibandingkan daging sapi yang berwarna merah? Apakah berbeda karena pakannya? Ukurannya? Mari kita bahas!

Baca juga:Perbedaan Daging Ayam Sehat dengan Tiren

Berikut ini adalah alasan kenapa daging ayam berwarna putih:

Mioglobin

Perbedaan yang pertama terletak pada kadar mioglobin. Apa, sih, miglobin itu? Mioglobin merupakan sejenis protein yang bisa ditemukan pada otot. Protein tersebut biasanya berguna untuk mengikat oksigen. Nah, biasanya miglobin ini menjadi faktor utama kenapa daging berwarna merah atau putih. Daging yang berwarna merah pasti mengandung lebih banyak mioglobin daripada daging yang berwarna putih.

Daging ayam berwarna putih karena ayam adalah burung yang tidak bisa terbang dan tidak membutuhkan oksigen yang tinggi. Otot mereka mengandung lebih sedikit mioglobin, menghasilkan warna yang lebih terang. Daging sapi dan domba berwarna merah karena sapi dan domba adalah hewan yang lebih besar yang membutuhkan lebih banyak oksigen untuk menopang ototnya. Otot mereka mengandung lebih banyak mioglobin, menghasilkan warna yang lebih gelap

Baca juga: Kenapa Daging Sapi di Indonesia Alot?

lemak

Perbedaan kedua adalah jumlah lemak daging. Daging berwarna merah biasanya mengandung lemak jenuh yang lebih tinggi dibanding daging putih. Namun, tiap jenis daging merah juga mengandung kadar lemak yang berbeda-beda meskipun secara umum tetap lebih tinggi daripada daging putih. Karena lemak jenuh pada daging merah lebih banyak, artinya kolesterolnya pun juga lebih tinggi. Jadi secara hitungan kolesterol lebih aman daging putih daripada daging merah.

Berdasar penjelasan diatas sudah cukup jelas ya kenapa daging ayam warnanya putih berbeda dengan daging sapi, kambing dan domba.








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp