Mitos dan Fakta Seputar Daging Sapi

By. Alfian Andi A. - 20 Jul 2023

Bagikan:
img

Papuamitra.com - Daging sapi merupakan bahan pangan yang sangat diminati oleh masyarakat. Selain rasanya yang lezat kandungan nutrisi daging sapipun tak kalah banyak. Daging sapi dapat ditemukan di swalayan maupun di pasar-pasar tradisional. Akan tetapi, tahukan kalian ternyata ada banyak mitos seputar daging sapi yang berkembang dimasyarakat. Sebagai penggemar olagan daging sapi tentunya kita harus paham dan mengerti apa saja mitos dan fakta seputar daging sapi.

Penasaran? yuk simak informasi dibawah ini!

Baca juga:Kenapa Daging Sapi di Indonesia Alot?

MITOS ATAU FAKTA DAGING SAPI

1. Benarkah daging yang belum matang sempurna mengandung banyak bakteri?

Mitos: daging yang masih berwarna merah didalamnya dan tidak matang secara sempurna, masih menyimpan banyak bakteri

Fakta: bakteri yang ada pada daging sapi hanya terdapat di permukaan daging saja, bakteri tidak bisa berkembang didalam lapisan daging sapi karena didalam daging tidak mengandung oksigen. Akan tetapi pastikan daging yang dibeli dalam kondisi bagus dan bersih, berbeda dengan daging yang ditangani dengan salah tentunya akan banyak mengandung bakteri dan mungkin terkontaminasi cemaran lain. Lebih baik sebelum memasak bersihkan daging bagian luar dengan tissue dapur atau mencuci sebelum dimasak.

2. Beredar anggapan daging sapi yang tidak dimasak secara matang sempurna (well done) atau setengah matang, maka daging tersebut dikategorikan tidak halal?

Mitos: daging yang tidak dimasak well done atau dalam hal ini medium atau medium rare, tidak patut dikonsumsi karena tidak halal.

Fakta: halal atau tidaknya konsumsi daging sapi terletak pada proses penyembelihan dan pemotongan daging, bukan pada tingkat kematangan daging sapi. Tingkat kematangan daging merupakan selera masing-masing orang sehingga tidak ada kaitannya dengan halal.

Baca juga:Perbedaan Daging Ayam Sehat dengan Tiren

3. Ada larangan untuk tidak konsumsi daging jika sedang diet, benarkah?

Mitos: salah satu pantangan dari orang yang sedang diet adalah tidak boleh mengonsumsi daging sama sekali karena berkaitan dengan lemak daging, karena konon akan membuat diet yang dilakukan menjadi sia-sia karena berat badan akan bertambah lagi.

Fakta: ternyata daging sapi perlu disertakan dalam konsumsi sehari-hari karena mengandung protein tinggi dan dapat memberi rasa kenyang yang lebih lama. Akan tetapi perlu diperhatikan jumlah yang dikonsumsi jangan sampai berlebihan, sesuaikan dengan asupan kalori yang dibutuhkan.

informasi diatas adalah mitos dan fakta dari daging sapi, semoga bermanfaat. 








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp