Kenali Ciri Daging Sapi yang Baik dan Sehat

By. Alfian Andi A. - 17 Jul 2023

Bagikan:
img

papuamitra.com - Daging sapi merupakan daging yang diperoleh dari hewan sapi yang umum untuk dikonsumsi. Daging sapi merupakan sumber protein yang sangat bagus dengan nutrisi yang lengkap. Kandungan nutrisi tersebut berupa lemak, protein, kalsium, zat besi dan vitamin. Nutrisi ini sangat penting dikonsumsi untuk pertumbuhan dan perkembangan jaringan tubuh. Sayangnya saat ini pedagang kurang memperhatikan penanganan daging sehingga kualitas daging yang dijual mengalami penurunan. Hal ini berdampak pada pembeli yang terkadang mendapat daging dengan kualitas buruk. Berikut ini merupakan karakteristik dari daging sapi yang baik dan tips untuk memilih daging.

Ciri-ciri daging sapi yang baik dan sehat:

1. Warna

Warna daging merupakan parameter yang mudah untuk menentukan apakah daging masih dalam kondisi baik atau sudah rusak. Umumnya warna daging sapi yang baik adalah merah cerah, mengkilap, tidak pucat. Sementara bagian lemak berwarna putih kekuningan. Apabila daging berwarna hijau atau pucat sebaiknya dihindari karena menandakan daging telah terkontaminasi udara dan bakteri

2. Bau

Bau atau aroma daging biasanya beraroma segar khas daging yaitu memiliki bau khas amis yang lembut tidak menusuk dihidung. Sementara untuk daging yang tak layak akan beraroma anyir, tengih ataupun bau busuk tak sedap. Hal ini dikarenakan daging yang tak layak telah lama terkontaminasi bakteri sehingga memunculkan senyawa yang membuat bau busuk dan memicu mual.

3. Tekstur

Daging yang baik memiliki tekstur yang padat dan kenyal tetapi tidak keras. Saat kita tekan dengan jari bagian daging tersebut akan kuncul kembali seperti semula. Apabila menemui daging dengan tekstur yang lembek, berair dan mudah hancur sebaiknya menghindari daging tersebut. Daging yang memiliki ciri tersebut terkadang memiliki lender akibat dari banyaknya aktivitas bakteri yang terjadi.

4. Kebersihan

Pastikan ketika membeli daging tidak ada kotoran yang menempel. Kotoran tersebut dapat berupa debu, pecahan kayu, bercak hitam ataupun putih kehijauan. Bercak pada daging menandakan adanya akivitas bakteri pada daging tersebut.

Baca juga: Teknik Penyimpanan Daging yang Mudah

Tips membeli daging sapi

1. Pilihlah tempat jual daging terpercaya atau bersertifikat:

Apabila membeli daging pilihlah tempat penjual yang memiliki sertifikat, karena tempat tersebut telah terjamin akan kualitas daging yang dijual. Tempat yang dimaksud seperti meatshop, mall, supermarket dll. Tempat tersebut pastinya telah melaui uji terhadap kelayakan produk dan tempat usaha.

2. Perhatikan waku kadaluarsa daging

Apabila membeli di toko daging pastikan tanggal kadaluarsa pada kemasan. Hal ini ditujukan untuk kita menyimpan daging dalam waktu berapa lama. Ketika membeli dipasar pastikan tanya kepenjual daging tersebut kapan di potong, jangan sampai kita membeli daging yang telah disimpan terlalu lama dan kualitas yang telah menurun.

3. Perhatikan kebersihan tempat penjual

Ketika membeli daging dipasar wajib perhatikan kebersihan tempat penjual. Karena lingkungan yang kotor pastinya akan menimbulkan kontaminasi cemaran pada daging yang dijual. Pastikan tempat tersebut terhindar dari lalat, tempat pembuangan sisa daging dan peralatan yang digunakan dalam keadaan bersih.




 








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp