Mengenal Apa Itu Waybill?

By. Alfian Andi A. - 26 Jul 2023

Bagikan:
img

papuamitra.comWaybill adalah dokumen yang disiapkan oleh perusahaan yang bertanggung jawab atas barang dengan isi dan instruksi terkait pengiriman. Waybill memberikan informasi spesifik tentang nomor kontainer, nomor purchase order, deskripsi barang, ukuran, berat dan nomor handling unit. Waybill digunakan dalam pengiriman kargo barang dengan kontainer melalui kapal dari Surabaya ke Timika. Waybill ini sangat penting digunakan untuk pengecekan isi barang yang dikirim melalui kontainer.

Sebuah waybill mencakup banyak salinan sehingga setiap pihak yang terlibat dalam pengiriman barang dapat memelihara dokumentasi. Ada 4 salinan dengan warna yang berbeda dalam waybill: white copy (office files), pink copy, blue copy (warehouse working copy) dan yellow copy (attached to freight). Masing-masing memiliki peran sebagai bukti dokumen di setiap bagian perusahaan

Baca juga: Apa Itu Logistik? Pengertian, Tujuan dan Manfaat

Komponen Waybill:

1. Waktu pengiriman. Hal ini tentunya sangat penting untuk mengetahui kapan dokumen dibuat 

2. Pengirim. Ini digunakan untuk memberikan keterangan terkait perusahaan bertanggung jawab terhadap pengangkutan barang yang dikirim melalui kontainer

3. Nomor kontainer. Nomor ini digunakan untuk mengetahui letak barang yang ada didalam kontainer

4. Purchase order. Hal ini berupa informasi penerima atau no pemesanan dari barang 

5. Item. Berisi tentang jumlah item yang di pesan

6. Description. Berisi deskripsi dari jenis barang yang dipesan 

7. Quantity. berisi jumlah barang per satuan

8. ctn/Pkg. Hal ini berisi informasi jumlah barang dalam karton/setelah dai kemas

9. Weight. Berisi informasi jumlah berat barang 

10. Dimension. Informasi mengenasi ukuran dimensi barang yang dikirim

11. Delivery. Informasi pengiriman barang

12. HU. Merupakan Handling Unit perlakuan dari barang yang dikirim

13. Nama terang pengirim. Berisi informasi nama yang bertanggungjawan akan pengiriman barang 

Baca juga:Pengiriman dengan Kontainer, Simak Hal Berikut!

Fungsi Waybill :

1. Sebagai informasi mengenai barang yang dikirim. Fungsi waybill yang pertama adalah sebagai identitas dari kontainer yang dikirim oleh PT. PUM. Identitas yang dimaksud adalah kesesuaian nomor kontainer dengan barang-barang yang dikirim didalamnya. Dokumen waybill berisi beberapa deskripsi penting terkait dengan produk yang dikirim secara jelas seperti jenis barang, jumlah barang, berat barang, ukuran sampai cara penanganan barang. Informasi ini digunakan untuk pengecekan barang ketika dikirim dan pengecekan barang sampai.

2. Sebagai kontrak pengiriman. Fungsi ini sebagai kontrak antara PT. PUM dengan perusahaan penerima barang. Perusahaan akan bisa merasa lebih aman dan juga tenang terkait barang yang sudah dikirimnyadengan adanya waybill ini. Perusahaan penerima barangpun juga akan bisa mengecek dari barang yang dikirim tersebut apakah sudah sesuai dengan isi didalam kontainer. Apabila terjadi kesalahan dalam pengiriman perusahaan penerima berhak melakukan komplain. Kesalahan yang dimaksud meliputi: ketidak sesuaian jenis barang yang di kirim, kekurangan atau kelebihan jumlah barang yang dikirim, terjadi kerusakan yang diduga saat sebelum pengiriman.  








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp