Kontainer Reefer: Pengangkut Daging Selama Pengiriman

By. Alfian Andi A. - 05 Aug 2023

Bagikan:
img

papuamitra.comKontainer Reefer merupakan alat yang sangat berguna untuk pengiriman frozen food. PT Papua Utama Mitra (PUM) merupakan perusahaan yang berfokus pada bidang pengiriman dan supply daging sapi. Konsumen dari PT PUM adalah PT Pangansari Uama (PSU) yang berfokus pada kebutuhan konsumsi untuk PT Freeport Indonesia. Pengiriman daging PT PUM menempuh jarak yang cukup jauh dari Surabaya ke Papua.

Baca juga:Pengiriman dengan Kontainer, Simak Hal Berikut!

Jauhnya jarak pengiriman menjadikan perhatian berfokus pada menjaga kualitas daging yang dikirim. Daging yang dikirim harus dalam keadaan beku sehingga pada pengiriman penting untuk menjaga kondisi daging tetap beku. Hal inilah yang membuat pengiriman daging oleh PT PUM menggunakan kontainer reefer.

Kontainer Reefer merupakan peti kemas dengan sistem pendingin untuk mengatur suhu saat pengiriman daging agar tetap terjaga kualitasnya. Dalam operasional pengiriman daging dari Surabaya ke Papua PT PUM bekerjasama dengan PT Panjasa Intradin sebagai penyedia kontainer reefer ini. Kontainer ini menggunakan pendingin pada bagian depan kontainer yang terhubung untuk mendinginkan bagian dalamnya. Fungsi utama dari kontainer ini adalah menjaga suhu dan kelembaban kargo  dengan tujuan untuk menjaga kualitas barang selama dalam masa pengiriman.

Daging yang dikirim berupa daging beku sehingga suhu didalam kontainer reefer diatur untuk menjaga hal tersebut. Suhu untuk pengiriman daging berkisar -20 dearajat celcius, suhu ini mampu menjaga daging agar tetap beku. Pendingin pada kontainer ini menggunakan sumber energi listrik.

Baca juga:Bagian-bagian Daging Sapi

Kontainer reefer memiliki informasi identitas pada bagian luar nya. Identitas ini berupa nomor kontainer, kubikasi, berat hingga maksimal berat muatan. Nomor kontainer berisi huruf dan nomor yang digunakan sebagai identitas kontainer saat pengiriman. Kubikasi kontainer reefer tergantung dari ukuran kontainer fungsi informasi ini untuk menentukan volume dari barang yang dikiirim. Kapasitas gross weight atau berat kotor 1 kontainer reefer dengan ukuran 20 kaki adalah 20,000 kg. Dalam pengiriman daging oleh PT PUM 1 kontainer dapat berisi 8 palet sapi dengan rata-rata berat 1 palet adalah 1,200 kg. 








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp