Bagian-bagian Daging Sapi

By. Alfian Andi A. - 04 Aug 2023

Bagikan:
img

papuamitra.comDaging sapi merupakan sumber protein yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Disamping kandungan gizi yang melimpah daging sapi memiliki rasa yang lezat bila di olah dengan baik. Sayangnya ketersediaan daging di Indonesia kurang mencukupi kebutuhan dalam negeri, sehingga kebutuhan daging dipenuhi dari impor. Salah satu konsumen daging sapi di indonesia berasal dari sektor bisnis pertambangan seperti PT Freeport Indonesia (FI). Dalam kegiatan operasional seperti konsumsi karyawan PT FI bekerjasama dengan PT Pangansari Utama (PSU) sebagai penyedia katering perusahaan.

Dalam memenuhi kebutuhan daging sapi di PT PSU diperlukan supplyer untuk memasok kebutuhan tersebut, maka PT Papua Utama Mitra (PUM) hadir sebagai penyedia dgaing sapi berkualitas. Daging sapi dari PT PUM merupakana daring impor yang berasal dari negara Australia, New Zealand sampai Brazil. Negara-negara tersebut merupakan salah satu eksportir daging dengan kualitas terbaik saat ini.

Baca jugaJenis-jenis Tempat Pendingin untuk Daging

Salah satu penentu kualitas daging ini adalah cara penanganan. Pengiriman dan penyimpanan daging dilakukan dengan menggunakan bantuan alat pendingin atau freezer untuk mengatur suhu. PT PUM memiliki cold storage untuk menangani daging-daging impor ini agar terjaga kualitasnya. Pengaturan suhu – 20 derajat celcius dapat memperpanjang masa simpan daging dan menjaga kualitasnya agar tidak mudah rusak.

Daging yang di impor PT PUM memiliki beberapa item sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Berikut merupakan jenis bagian daging yang di kirim oleh PT PUM kepada pelanggan:

Short Rib

Short ribs merupakan istilah untuk bagian iga pendek. Bagian ini merupakan potongan daging sapi yang diambil dari bagian brisket, chuck, plate, atau iga sapi. Terdiri dari sebagian kecil tulang rusuk dan daging di sekitarnya, yang ketebalannya bervariasi

Chuck

Chuck merupakan daging sapi yang berasal dari bagian atas paha depan. Bagian ini merupakan potongan daging sapi yang berada di bagian atas paha depan dan terdiri dari bagian leher, tulang belikat dan lengan atas

Blade

Blade merupakan istilah untuk daging bagian punuk. Daging ini merupakan bagian atas yang menyambung dari bagian daging paha depan terus sampai ke bagian punuk sapi.

Baca juga:Jenis-jenis Tempat Pendingin untuk Daging

Neck Bone

Neckbone adalah daging bagian leher sapi yang masih terdapat tulang diantaranya. Daging ini merupakan bagian yg diambil dari leher yang menyambung dengan bagian paha depan. Pada bagian tengahnya terdapat serat-serat kasar yang mengarah ke bagian bawah

Knuckle

Knuckle merupakan bagian daging sapi yang ada pada paha belakang bagian atas.








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp