Demarkasi Outdoor Area

By. Alfian Andi A. - 01 Aug 2023

Bagikan:
img

papuamitra.comDemarkasi adalah pemberian tanda warna pada lokasi kerja untuk membedakan tempat atau bagian lokasi kerja sesuai dengan fungsinya. PT. Papua Utama Mitra (PUM) merupakan perusahaan yang bergerak dibidang logistik pengiriman barang. Dalam bidang logistik demarkasi outdoor area merupakan hal yang sangat penting untuk dipahami dan di jalankan bagi setiap pekerja.

Demarkasi bertujuan untuk memberi tanda batasan area kerja dengan memberikan informasi mengenai fungsi area yang dibatasi berdasarkan standar warna yang ditetapkan. Tujuan lain dari demarkasi adalah memberikan keamanan bagi pekerja. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan batas area aman dan yang diperbolehkan bagi orang ataupun pekerja dalam menjalankan aktivitasnya.

Warna pada garis demarkasi menunjukan fungsi dan tujuan dari garis tersebut. Ada beberapa warna dan tanda demarkasi yang digunakan di outdoor area PT. PUM. Berikut merupakan beberapa penjelasan mengenai demarkasi outdoor area berdasar warna yang perlu diketahui:

Baca juga:HSE (Health, Safety, and Environment) Logistik Pergudangan

Garis kuning tanpa putus

Garis kuning tanpa putus ditujukan untuk pejalan kaki di outdoor area. Pejalan kaki yang dimaksudkan adalah orang yang berada area PT. PUM baik karyawan maupun tamu yang tidak mengenakan Alat Pelindung Diri (APD). Karena garis ini bertujuan melindungi orang dari aktivitas pekerjaan seperti lalu lintas kendaraan, pemindahan kontainer, bongkar muat barang dan aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan. Apabila tidak mengenakan APD dan melakukan aktivitas di area kerja dikhawatirkan terjadi kecelakaan yang berakibat fatal.

Garis kuning putus-putus

Garis ini ditujukan untuk pejalan kaki di outdoor area dan persimpangan yang masih dilewati kendaraan kerja. Perbedaan garis kuning tanpa putus dan putus terletak pada aktivitas disekitar area tersebut. Secara garis besar garis kuning tanpa putus adalah area pejalan kaki yang steril dari aktivitas kerja. Untuk garis kuning putus-putus area tersebut pejalan kaki wajib waspada karena area tersebut persimpangan untuk aktivitas kendaraan kerja.

Garis putih

Garis putih pada outdoor area di PT. PUM digunakan untuk peletakan barang, kendaraan maupun kontainer. Garis pada area ini bertujuan sebagai pembatas agar memudahkan peletakan kontainer dan memberi ruang untuk aktivitas kerja.

Garis loreng hitam – kuning

Demarkasi garis ini adalah pemberi tanda atau batas bahwa area kerja memiliki elevasi yang berbeda. Area yang memiliki ketinggian berbeda misal naik ataupun turun diberi tanda garis loreng hitam-kuning agar para karyawan waspada akan perbedaan ketinggian antar lokasi. Di outdoor area garis ini membantu para operator alat berat untuk mengetahui kemiringan jalan agar waspada dalam bekerja.

Baca juga:Penerapan HSE Logistik dan Pergudangan

Penjelasan diatas merupakan demarkasi di outdoor area PT. PUM. Sebagai tamu dan karyawan kita wajib mengetahui fungsi dan tujuan dari setiap warna garis demarkasi. Menaati peraturan untuk meminimalisir kecelakaan merupakan hal yang penting dilakukan dalam menjalankan aktivitas di outdoor area.

 








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp