Mengenal Turbin Ventilator

By. Alfian Andi A. - 02 Aug 2023

Bagikan:
img

papuamitra.comTurbin Ventilator merupakan alat yang berbentuk kubah yang diletakkan di atap bangunan. Tujuan alat ini sebagai sirkulasi udara, menghisap debu halus yang berterbangan dan mengeluarkan asap pada bangunan. Alat ini sangat penting untuk sebuah bangunan seperti gudang penyimpanan.

Gudang penyimpanan di PT. Papua Utama Mitra (PUM) memiliki turbin ventilator sejumlah 8 buah yang dipasang diatas atap bangunan. Turbin ventilator mampu mengatasi udara panas, pengap dan kotor dari ruangan. Sehingga kesehatan dan kenyamanan pekerja saat aktivitas di dalam Gudang terjamin. Berikut merupakan beberapa fungsi dari turbin ventilator di gudang:

Baca juga: Penerapan HSE Logistik dan Pergudangan

Fungsi Kesehatan

Kesehatan dan keselamatan pekerja merupakan hal yang sangat diperhatikan oleh PT PUM. Dengan fungsi menghisap debu yang berterbangan tentunya hal ini meminimalisir terjadinya gangguan pernafasan, disamping itu pekerja juga diwajibkan menggunakan masker sesuai dengan SOP yang berlaku.

Pertukaran udara didalam gudang wajib diperhatikan. Selain menyangkut kenyamanan pekerja pertukaran udara juga mempengaruhi kualitas udara yang terhirup kedalam tubuh.

Fungsi Lingkungan

PT. PUM sendiri konsisten dalam penghematan energi dan memiliki kepedulian lingkungan dalam kegaiatan operasional. Salah satunya dengan adanya turbin ventilator selain ramah lingkungan alat ini juga tidak memerlukan energi listrik untuk hidup.

Turbin ventilator tidak menghasilkan residu maupun hasil samping dari prosesnya karena sistem kerja turbin ini menggunakan bantuan angin. Turbin akan bergerak selama ada hembusan angin, baik siang  sampai malam maupun hujan alat ini akan tetap bekerja. Dibandingkan dengan exhaust fan konvensional tentunya turbin ini sangat hemat energi.

Baca juga:Demarkasi Outdoor Area

Fungsi Anggaran

Tujuan Perusahaan salah satunya adalah mencari keuntungan, salah satu cara yang dilakukan adalah menekan cost operasional. Dengan energi penggerak turbin adalah angin tentunya cost untuk operasional ini sangat minim sekali. Biaya perawatan alat ini juga sangat murah bila dibandingkan dengan exhaust fan listrik konvensional. Pembersihan dan pengecekan berkala merupakan cara perawatan untuk alat ini.








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp